Selasa, 04 Februari 2020

Alasan Mengapa Kamu Harus Tidur dengan Cukup

News Black Hole - Jika Kamu sudah terlalu sering terjaga ketika malam hari, menghabiskan waktu bermain smartphone hingga begadang, mulai sekarang hentikan kebiasaan tersebut.
Sebab, jika sudah terbiasa seperti itu Kamu tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup akibatnya, Pola Tidur pun terganggu.
Penelitian menyebutkan Pola Tidur yang buruk dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, mulai dari kenaikan berat badan hingga sistem kekebalan yang melemah. Maka, jika Kamu tidak memiliki cukup jam tidur dalam sehari, tubuh dan otak tidak berfungsi dengan baik. Itulah sebabnya, penting untuk tetap menjaga Pola Tidur yang sehat.
Dr Paritosh Baghel, dokter konsultan dan spesialis penyakit dalam, Rumah Sakit SL Raheja, Mahim - A Fortis Associate, menyarankan waktu tidur yang ideal adalah jam 10 malam dan waktu bangun jam 6 pagi. Jika tidak, di antara jam 1 siang hingga jam 3 sore kamu akan mengantuk dan berdampak pada pekerjaan.
Selain itu, berikut ini beberapa dampak pada tubuh jika kurang tidur yang cukup di antaranya, seperti dilansir dari laman Indianexpress, Rabu, (5/2) :
Ingatan
Penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidur setelah menghafal materi pelajaran lebih baik dalam ujian. Namun, tidur juga membantu otak mempertahankan informasi baru melalui 'konsolidasi memori'.
Menambah berat badan
Kurang tidur dalam waktu lama atau terbiasa dengan begadang dapat menyebabkan penambahan berat badan dengan mengubah tingkat metabolisme dan hormon seseorang, sehingga dapat mempengaruhi nafsu makan kita.
Penurunan produktivitas
Kurang tidur menyebabkan penurunan drastis dalam produktivitas, meningkatkan kecenderungan untuk tidur di siang hari.
Dampak Mental
Kurang tidur dapat menyebabkan seseorang cepa marah, tidak sabar dan kehilangan fokus. Seseorang juga mudah lelah jika mereka kurang tidur.
Dampak fisik
Kurang tidur mengubah fungsi kekebalan tubuh kita, sehingga kemampuan kita melawan infeksi dan penyakit pun terpengaruh.
Lantas, bagaimana caraya agar bisa menghasilkan tidur yang berkualitas?
Menurut Dr Paritosh Baghel, disarankan bahwa seseorang yang ingin tidur yang berkualitas mulailah menjalani gaya hidup sehat. Misalnya, dengan olahraga pagi hari membantu seseorang merasa lebih energik dan tetap produktif sepanjang hari
Lalu, pantau waktu tidur. Jika Kamu harus bangun jam 6 pagi maka harus tidur jam 10 malam. Memiliki jarak setidaknya 1,5 hingga 2 jam antara makan malam dan waktu tidur dan, hindari makanan berat di malam hari. Kebiasaan lainnya, jangan menggunakan perangkat elektronik sebelum tidur. 
Orang dewasa harus mencoba dan tidur selama minimal 7 hingga 8 jam dan jangan tidur di sore hari untuk  durasi yang lebih lama.

Sumber : Akurat.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar