Kamis, 15 Agustus 2019

Sedang Ingin kurangi mengonsumsi Kopi? Beberapa Minuman Ini Bisa Jadi Pengganti

News Black Hole - Menjamurnya kedai kopi, membuktikan bahwa penggemar minuman dengan rasa dan wangi yang khas ini tidak bisa dianggap sedikit. Minum kopi seperti sudah menjadi lifestyle bagi kebanyakan orang saat ini.
Namun, tak sedikit juga orang yang saat ini mulai mengurangi minum kopi karena berbagai alasan. Tapi, kita ketahui bersama, untuk penggemar kopi, itu bukan hal mudah.
Jangan khawatir, dilansir oleh AkuratHealtha dari Bustle, ada beberapa minuman yang bisa menjadi alternatif pengganti kopi dan juga bisa memberi efek mengusir kantuk Anda.
Matcha adalah bubuk hijau yang dihasilkan ketika kita menumbuk daun teh muda. Ini bisa menjadi alternatif, terutama bagi Kamu yang menghindari efek kecemasan dari meminum kopi.
Ahli gizi diet teregistrasi sekaligus pakar kesehatan untuk Health-Ade Kombucha, Willow Jarosh, MS RD CDN, menjelaskan, matcha mengandung kafein dan L-theanin atau asam amino yang memberi efek menenangkan pikiran tanpa memberi efek kantuk.
Sejumlah studi terbaru menyebutkan bahwa L-theanin bisa bekerja dengan baik bersama kafein untuk memproduksi efek kognitif positif terhadap perasaan.
Bukan hanya memberikan beberapa manfaat kesehatan, teh hijau juga menjadi alternatif yang bagus untuk pengganti minum kopi.
Ahli bedah ortopedi dari University of Toledo Medical Center, Dr. Anthony Kouri, MD, menjelaskan, teh hijau tidak terlalu banyak melalui proses dan memiliki manfaat kesehatan paling banyak di antara jenis teh lainnya.
Beberapa studi menunjukkan bahwa orang-orang yang minum teh hijau cenderung jauh dari risiko kanker kandung kemih, payudara, paru-paru, perut, pankreas, dan usus besar.
Selain itu, riset mengindikasikan bahwa teh hijau membantu mengurangi diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.
"Kafein dalam teh hijau membantu meningkatkan ketajaman mental dan metabolisme," jelasnya.
Ada banyak bahan alami yang dapat meningkatkan energi Anda sebagai pengganti kopi, jadi masuk akal untuk memadukannya dengan smoothie untuk mengawali hari Anda.
"Smoothie memberikan manfaat sayur-sayuran dan buah-buahan yang banyak orang lewatkan dari pola makan hariannya," kata ahli gizi teregistrasi dan instruktur ilmu biomedis di Missouri State University, Natalie Allen.
Selain itu, menambah sumber protein seperti yogurt, bisa membantu kita lebih kenyang. Segelas smoothie bisa memberikan manfaat lebih bagi tubuh dengan kandungan karbohidrat, serat, antioksidan, dan protein.
Cuka sari apel
Cuka sari apel dapat berfungsi sebagai penambah energi dan menjadi pengganti Anda untuk kopi di pagi hari. Kouri menjelaskan, minuman ini merupakan minuman non-kafein yang dibuat dari fermentasi apel dan mengandung komponen yang disebut asam asetat.
"Asam asetat terbukti memberi efek manfaat terhadap sensitivitas insulin dan level gula darah," kata Kouri. 
Meski sari cuka apel bisa memberikan energi dan manfaat kesehatan, Kouri menyarankan untuk mengkonsumsinya bersama seteguk air putih. Ini karena asam yang terkandung dalam sari cuka apel bisa merusak gigi jika dikonsumsi secara langsung.

Sumber : Akurat.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar